Alhamdullillah, Kakak udah Sembuh

Kalo anak sakit, rasanya dunia runtuh (hiperbola ya :d)
Tapi itu yang emang dirasain bunda. Sedih banget kalo kakak udah sakit.
Sedih ngeliat kakak gak segembira, atau seaktif biasanya.
Dimulai Jumat, 2 Mei kemaren. Bunda pulang dari kantor, seperti biasa kakak langsung nempel sama bunda. Minta gendong sebentar, trus turun lagi. Tapi pas digendong itu, bunda ngerasa badan kakak kok panas ya. Langsung ambil termometer, dan ukur suhunya...tenyata nyampe 38.7o. Lumayan panas, tapi karena kondisi izza masih pecicilan, bunda masih tenang dan belum memberikan obat. Lagian, rekor panas izza itu pernah sampe 39.4o, dan itu izza masih gak bisa diem juga. Tapi pas ayah pulang, tau izza demamnya lumayan tinggi, disuruh kasih obat. Akhirnya bukan obat yang izza minum, tapi vitamin aja. Sebenernya gak mau stok vitamin dirumah, tapi kadang izza gak sakit apa-apa, minta minum obat, jadi deh bunda stock. Ditambah ayah yang pingin juga punya vitamin buat izza dirumah, alasannya kalo izza sakit, paling enggak ada suplement tambahan, buat ngebantu sistem imun tubuhnya. Sementara bunda ngalah dulu deh, karena alhamdulillah, sampe sekarang, ayah dah bisa terima cara bunda ngadepin izza kalo sakit, jadi masukin ilmu yang didapet dari milist sehatnya dikit2 dulu. Hehehehe.
Hari sabtunya, kita dah punya jadwal yang padat. Pagi, udah jalan buat jemput kerumah jatibening, abis itu ke ciputat buat jemput Uti. Abis jemput Uti, kita ke rumah duka, di RS Dharmais, ada temannya uti yang meninggal. Tadinya, abis dari RS Dharmais ini, Uti mau liat-liat ke Mesjid Kubah Emas, dan takziah ke Depok, tapi, karena udah kesorean juga selesai dari Dharmais, akhirnya diputuskan gak jadi kemana-mana, dan kita langsung pulang. Pas nyampe di Dharmais, badan izza demam lagi.Salahnya bunda ga siap termometer, jadi aja langsung beli parasetamol generik, dan langsung diminumin ke izza, padahal kondisinya izza masih ceria. Sampe malem, ternyata demamnya nambah panas, sesuai perabaan aja sih. Setelah makan malem, bunda paksa izza untuk bobo, istirahat...karena kalo udah ketemu sama kakak sepupunya, bawaannya main terus, susah buat istirahat. Ya anak-anak emang gitu kan ya, ditambah kita juga jarang nginep di Jatibening, dan jarang ketemuan. Setelah dipaksa bobo, akhirnya izza bobo juga sambil dipeluk bunda.
Minggu pagi, izza masih demam juga, tapi tetep aja masih pecicilan. Rencana hari minggu ini, anter uti kerumah saudara, abis itu belanja bulanan baru pulang. Rencana sih kita mau berangkat sebelum Dzuhur, tapi, akhirnya malah berangkat jam 3 sore. Abis dari rumah sepupu, trus belanja bulanan..., badan izza tambah panas (lagi-lagi melalui perabaan aja) Abis belanja bulanan, kita makan malem dulu direstoran deket rumah, karena kalo sampe rumah, bunda dah gak kuat buat masak dulu...Cape dan dah laper banget. Pas lagi makan, ayah ditelp sama kakak sepupunya yang lain, katanya udah didepan rumah. Emang mereka janjian mau kerumah, karena ada mbahnya izza (kakaknya Uti) mau liat kerumah. Untung juga makannya udah selesai, dan kita bisa cepet sampe kerumah, gak nyampe 5 menit deh. Sampe rumah, izza udah teler banget, selain badannya tambah panas, dan emang udah ngantuk juga. Sampe rumah, bunda langsung ukur pake termometer, dan ternyata....suhunya mencapai 39.7o. Waduh, ini udah melewati rekor panas izza, pantes dia udah mulai keliatan teler. Kata Uti, coba kasih tempra aja...mungkin parasetamol yang generik gak mempan, karena panasnya dah tinggi banget. Oke, bunda kasih tempra...dalam hati, kan isinya sama ya antara tempra dan parasetamol. Abis dikasih obat, dan ganti baju, akhirnya izza bobo.
Senin pagi, izza masih demam sedikit, bunda ragu juga sih mo masuk kantor, tapi akhirnya diputuskan bunda tetep ke kantor, karena ada uti dirumah, dan izza tidak sekolah. Dikantor bunda sering banget telp kerumah, ngecek kondisi izza. Alhamdulillah, panasnya udah turun...malah sempet 36o kata asisten. Trus ada batuk-batuk dikit. Ok, dah ketauan deh penyebab panasnya, jadi bunda juga rada tenangan dan tinggal treatment sesuai yang bunda dapet dari milist sehat. Pulang kantor, kok bunda liat mata izza banyak kotorannya..., tanya-tanya sama uti dan asisten, katanya udah dari sore tadi (duh, kok waktu bunda telp sebelum pulang gak ngomong ya). Ya udah lah...pas bunda liat, matanya gak merah, hanya banyak kotoran matanya aja. Bunda mikir (lebih tepat bikin diri PD) kalo ini gak papa, karena matanya gak merah, berarti gak ada bakteri. Asumsi bunda, kalo merah ada bakterinya (ini juga dapetnya dari milist sehat), jd treatment buat mata izza, hanya sering-sering dilap pake air, kalo kotorannya sudah banyak, abis itu cuci tangan. Malemnya, izza panas lagi...dan mencapai 39.3o, dan bobonya maunya digendong sama ayah. Hehehehe itung-itung gantian ya Yah, soalnya sebelumnya izza bentar-bentar bangun minta minum.
Selasa pagi, kotoran matanya nambah banyak. Pas berangkat kantor, ayah bilang, uti nanya apotik deket rumah, mo dibeliin obat kali ya...Weks, beli obat buat mata tanpa konsultasi ke dokter...Bunda kaget. Langsung bilang ke Uti, nanti aja bu, beli obatnya. Nanti mo nanya-nanya ke temen yang dokter dulu obatnya apa. Jadilah, pagi-pagi bunda dah browsing2 soal mata izza, dan YM dengan salah satu temen dari milist sehat...dan kesimpulan bunda, izza gak butuh obat apapun buat matanya...Kalau emang banyak kotorannya, dilap aja sama kapas dan air. Selasa ini, alhamdulillah, badan izza udah gak panas lagi, tinggal matanya aja.
Rabu pagi, bangun pagi izza mandi sama bunda dan ....minta sekolah. Waduh, dah dibujuk kaya apa juga gak mau. Maunya tetap sekolah, walau matanya masih ada kotorannya. Akhirnya izza sekolah dan ditemani sama Uti. Dan alhamdulilllah, sampe malem, izza gak panas dan kotoran matanya udah gak banyak lagi.
Dan, pagi ini, izza bisa buka matanya bangun tidur, tanpa harus dilap dulu pake kapas yang dibasahin. Ini berarti izza udah sembuh...tanpa obat yang gak perlu buat matanya. Alhamdulillah, gak lama izza sakitnya. Daya tahan tubuhnya juga alhamdulillah kuat. Dan bunda juga seneng, izza sakit, bunda bisa nerapin treatment yang tepat (setidaknya untuk bunda) buat sakitnya izza. Bukannya bunda anti dokter dan anti obat dari dokter sehingga sampe tinggi gitu panasnya gak mau bawa izza ke dokter....hanya berusaha maksimal menerapkan ilmu yang didapet dari milist aja, dan berusaha tetap RUM. Sekarang tinggal Batuknya nih....Eh, coba deh tanya sama kakak, obat batuk apa...dan dijawab sama kakak...OBAT BATUK ITU MINUM AIR PUTIH ANGET...
Hehehehe, mungkin karena kalo pas kakak kena batuk, bunda selalu bilang itu kali ya, jadinya ya nancep dengan baik di-ingatannya.

Comments

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku