KBB # 8 - Bitter Chocolate Peppermint Biscuits



Kali ini tantangan dari KBB bikin biscuit coklat.
Kalo baca-baca dimilist, lumayan sulit nih. Mesti teliti baca resep, karena ada beberapa kesalahan ketik sepertinya. Contoh… besarnya biscuit sama lamanya memanggang.

Pas tantangan ini dikirim, dikantor lagi banyak-banyaknya kerjaan. Gak ngeh sama email yang masuk, sampe ditanya sama Rosmi , ”mbak....udah baca kbb-8?” dan jawabku....”emang udah dikirim ya. Dah lama nih gak cek milist.” Padahal ini udah tanggal 3, artinya dah masuk minggu pertama bulan November, gak mungkin bangetkan SurCin-nya belum dikirim sama hostnya KBB-8. Abis itu buru-buru cek email...eh bener, surat cinta udah dikirim. Cek bahan-bahan, ehm... selain si essent peppermint, sepertinya semua ada dirumah. Chat lagi sama Rosmi...ternyata Rosmi juga gak punya si peppermint itu. Akhirnya kita bayarin essens teman yang belum terpakai...(thanks ya Tih,...jadi gak perlu ke TBK deh. Semoga tambah sukses sama Betma-nya). Ok amunisi sudah lengkap. Tinggal niatin yang kuat...biar gak males bikinnya.

Cek kalender...ow...gak mungkin bikin sabtu minggu ini. Jadwal dah padet banget. Sabtu ada nikahan sepupu di Bogor, yang bisa dipastiin pulang malem....dan minggu acara syukuran ultah Izza. Ditekatin, sabtu depannya mesti bikin, karena takut kalo nanti-nanti bakalan susah cari waktu lagi. Apalagi dikantor mau ada audit...pasti banyak kerjaan a.k.a ngumpulin dokumen-dokumen yang bikin cape n pusing. OK, ditekatin bikin tanggal 15 / 16 aja. Tapi ternyata, niat-ku kurang kuat nih...., gak jadi juga bikin si biskuit ini. Kita malah nginep dirumah nenek...yang pastiny gak akan bisa baking, karena peralatan perang ada dirumah...hiks...batal lagi.

Senin pulang kantor, dapet surat dari TK Izza, hari Rabu mau ada jalan2. Tanya Izza, mau bawa apa....dijawab mau biskuit. Cling....bikinin tantangan KBB aja deh... pas temanya biscuit. Tapi...kalo peppermint, Izza gak terlalu suka. Ok...kita bikin 2 versi...1 isinya sesuai dengan resep KBB, yang lainnya, versi buat izza...diisi selai blueberry.

Selasa, pulang kantor...dijalan telp si asisten...suruh keluarin coklat trus potong-potong. Sampe rumah, bersih-bersih trus makan abis itu langsung bertempur sama resep. Menurut yang udah bikin dan laporan di milist, jumlah gulanya dikurangin, kalo gak mau kemanisan....OK, karena gak terlalu suka manis, gula langsung dikurangin ½-nya. Pas udah jadi adonan dan mau dibentuk....ternyata adonannya lembek banget, akhirnya ditambahin tepung, sampe adonan bisa digiling. Selesai giling, adonan dimasukin kulkas. Pasang timer,abis itu tinggal dulu, sambil nemenin Izza bobo.

Ternyata, aku ikutan ketiduran dan adonan lebih lama dikulkas. Buru-buru bangun, dan keluarin adonan. Trus potong-potong adonan. Pas potong – potong, penggarisku menghilang, jadi adonan dipotong berdasarkan feeling aja. Potongannya gak rata…ada yang besar, ada yang kecil. Karena tebalnya juga gak sama, jadi ada yang kriuk ada yang enggak. Setelah dingin, sebagian dioleh pake pappermint, sebagian pake selai blueberry. Setelah itu cemplung ke coklatnya. Coklatnya pake yang ada dikulkas aja, trus whipcreamnya pake yang bubuk, dicairin sesuai dengan takaran dikardusnya, trus diukur deh sesuai sama resep.

Pas mau bikini coklatnya set, aku taro biscuit yang udah di coating tadi ke rak yang biasa buat dinginin kue. Trus masuk kulkas. Pas diangkat, ternyata biscuit yang terkena rak…, jadi bergaris2, bentuk raknya. Gimana ya caranya biar tetep mulus, ky biscuit2 kemasan itu.

Biscuit ini rasanya enak. Peppermintnya bikini seger. Pedes-pedes seger. Thanks KBB, kalo gak ikutan…mungkin gak kepikir buat bikini yang seperti ini…

Ini Resep tantangan kali ini.

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.
Tingkat kesulitan: Sedang
Porsi: 12 potong

Bahan :
185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup cream / 1 cup krim

Cara Membuat :

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut..

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

Comments

  1. congrats yah mbak, peer nya dah sukses dikerjain:)

    ReplyDelete
  2. sippp kerennn cookiesnya..rapih lagi..punyaku bener2 uelekk....
    salam KBB ;)

    ReplyDelete
  3. Anonymous2:39 PM

    tul mba aku jg sempet mikir gmn ya biar penampilan biskuit bag yg nempel di rak bisa mulus? punyaku jg garis2.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Tantangan KBB - Merigue

Mencari Sekolah Bidadariku