HSG Test

Ini perjuanganku untuk memberikan adik buat bidadariku, anak ke-2 untuk suamiku, dan tambahan cucu buat nenek, kakek dan uti.

Senin kemaren, hari yang bikin aku deg2an. Hari ini aku harus melaksanakan HSG Test, untuk melihat apakah ada penyumbatan pada saluran telurku. Sudah 1,5 tahun ini, semenjak lepas KB IUD, aku program untuk punya anak lagi. Apalagi Kakak udah sering banget bilang "bunda, aku mau adek dari perut bunda". Duh, ngedengernya bikin sedih deh. Jadilah Izza makin sering berpura-pura kalo dia punya adek.
HSG Test dilakukan oleh dokter radiolog. Setelah urusan obat dan adminstrasi selesai, aku sama ayah nunggu dipanggil. Ternyata hari itu aku pasien ke-3. Setelah nunggu yang lumayan lama pas nyampe lagi dirumah sakit, tetep aja belum dipanggil. Dokternya masih ada pasien yang general check up dari salah satu instansi pemerintah.
Sehabis pasien general check up selesai, baru aku dipanggil.Masuk ke ruangan khusus itu, aku disuruh ganti baju khusus...pesan dari perawatnya, "buka semua ya bu, kecuali bra-nya. Jilbabnya juga boleh gak dibuka. Trus, masukin obat dari dubur...". Duh, rada risih ya mesti buka-bukaan gitu, untung dokter dan perawatnya perempuan semua.

Setelah ganti baju ini, aku disuruh tiduran di tempat tidur khusus. Gak lama dokternya dateng. Pasang kateter, dan setelah itu dimasukkan obat yang disebut “kontras” melalui suntikan. Aduh rasanya, perutku sakit banget. Ini gak memakan waktu lama, mungkin hanya sekitar 5 menit, tapi sakitnya lumayan lama.

Hasilnya juga cepet jadinya. Menurut dr Radiolognya, semuanya baik-baik saja. Belum sempet aku tanya, kok sakit banget, dokternya langsung respon “Pak, ibu-nya langsung dikasih obat yang tadi ya. Keliatannya kesakitan banget. Takut nanti pingsan dijalan”. Wah, ini bukan nakut-nakutin yang baca ya , tapi sakitnya itu bener-bener deh. Aku piker, apa kaya gini ya sakit orang yang kontraksi, secara waktu melahirkan IZZA gak ada kontraksi sama sekali, akhirnya Izza harus ceasar.

Hari Jumat, 19 Des besok, aku harus kembali ke DSOG-ku, untuk konsul hasil dari HSG. Semoga penjelasannya sama dengan dokter Radiolognya…bahwa semuanya bagus. Dan aku bisa segera memberikan adek buat bidadari-ku. AMIEN

Comments

  1. Anonymous11:02 PM

    Salam kenal Bunda Izza, saya bulan depan juga di saranin untuk HSG... gimana ada efek sampingnya nggak? saya takut dengar ceritanya.... sudah 5 tahun nih belum dapat momongan , gimana sudah bisa kasih adik buat Izza?

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:22 AM

    Salam kenal ya....aq dah 3,5th menikah..lom pernah hamil....kemaren siang udah HSG dan ampe sekarang mulesnya lom ilang..kayak kram gitu....aq ada kista juga tapi setelah aq minum produk dari k-link....jadi ilang...ntar sore mau ke obgyn lagi buat konsul hasil tes sperma hubby dan hasil tes HSG...moga2 aza cepet dikasih kepercayaan ama yg DIA. Amien....semangat..semangat..tetep berjuang terus..pantang menyerah

    ReplyDelete
  3. nung ns10:26 AM

    kisah bunda izza mirip denganku.. aq sdh punya anak usianya bahkan hampir 11 tahun belum kunjung pula aq memberinya adik padahal anakku itu seorang penyayang sama anak kecil meskipun dia anak laki2 dia itu perhatiannya besar sama anak kecil kadang haru juga.... dan bismillah aja sore ini aq mau HSG di rs hermina depok moga tak terjadi sesuatu aja ya dan segera dpt adik baru gmn dgn bunda izza sudah berhasilkah...?

    ReplyDelete
  4. Anonymous7:32 PM

    wah,,,, makasih ya setelah saya cari2 di google ternyata ada yang yang cerita tentang HSG aku dah lama blom punya momongan sabtu tgl 28-04-2012 aku mau HSG juga di Bali Med moga aja aku berhasil ngejalaninya,,,ibu2 doain aku ya.... moga cepet dapat adik baru.............
    bu ketut_Bali

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku