KBB # 9 - Si Pastry yang bikin Penasaran

Emang deh, KBB itu top. Tantangannya bener-bener bikin orang yang males bikin yang aneh2 jadi tertantang juga buat bikin. Dan, percobaan kali ini gagal total.

Dari giles-mengiles yang pertama aja udah gagal. Butter Block-nya bocor kemana-mana. Dari ngebungkus butter block pake doughnya, dah feeling sih, sepertinya bakalan gagal, karena masih ada udara disekitarnya. Udah gitu, doughnya juga belum kalis banget. Tapi tetep aja dilanjutin. Bikin tantangan ini uber-uberan sama suhu luar ruangan, karena harus dingin, biar si butter gak cepet meleleh. Keluar masuk kulkas, sehabis giling menggiling.

Walaupun udah baca resep, trus YM sama Rosmi dan Mbak Emma, tapi masih kurang mudeng. Padahal, Mbak Emma udah nawariin, buat bikin sama dia dirumahnya, tapi waktunya yang gak memungkinkan, jadi tawarannya gak bisa diambil. Hiks, jadilah pastry-ku gagal. Udah gitu dikomentarin hambar....walaupun itu croissant yang gagal tetep aja abis.

Setelah di remainder kedua sama host, jadi kepacu lagi buat bikin. Penasaran aja, kalo emang percobaan kedua gagal lagi...ya udah, yang dilaporin ya emang gagal, dan gak lulus deh buat KBB 9 ini. Pulang kantor, abis bersih-bersih, sholat maghrib, langsung nyiapin bahan – bahan buat tempur lagi sama si pastry. Kebetulan, mantan pacar pulangnya malem dan si-kakak kalo liat bundanya mo bikin kue..., seneng aja. Apalagi pas dibilang buat bikin bekel dia ke sekolah besok pagi. Kalo percobaan pertama ½ resep gagal, nah, dipercobaan kedua ini, aku pake ¼ resep aja...karena takut gagal lagi. Dan, Alhamdulillah, percobaan kedua ini berhasil. Layernya kebentuk. Rasanya krenyes – krenyes dan gak hambar.

Kalo tips dari mbak emma, ½ resep itu, untuk doughnya pake 199 tepung + 28 gr butter dan untuk butter blocknya pake 199 butter + 28 tepung. Yang aku gunakan buat ¼ resep, di bagi dua aja yang ½ resep itu. Untuk dough pake 99,5 tepung + 14 gr butter dan untuk butter blocknya pake 14 gr tepung + 99,5 butter, tapi berhubung si timbangan gak bisa ngukur 0,5...jadi semuanya digenapin ke 100 gr.

Bikin adonan dough sama butter blocknya lancar. Yang sulit ya soal gilas menggilas itu. Jam 8 malem, start deh gilas menggilas. Tiap 2 turn, masuk ke kulkas lagi. Pas gilas menggilas keliatan ada yang bocor dikit...langsung taburin tepung. Banyak berbedak deh tu pastry. Pas selesai 6 turn,...si mantan pacar nyampe dan si-kakak udah dikamarnya mau bobo. Pastry masukin ke kulkas lagi, dan langsung siapin makan malem buat si mantan pacar...hehehehe biar baking, urusan ngeladenin gini mesti diperhatiin juga. Kalo enggak nanti bisa kacau. Bisa – bisa dia ngambek, dan gak dibolehin baking lagi. Pastrynya dibentuk besok pagi aja.

Selesai makan, masih ada pertandingan bola Ostrali sama Indonesia. Berhubung gak seneng sama bola,...aku tinggal si mantan pacar, dan buka lagi contekan si pastry ini. Sambil inget - inget yang tadi dilakuin. Perasaan sih, semuanya Ok....tapi tunggu deh besok pagi, pas si Pastry dibakar.

Bangun pagi, langsung inget si pastry. Cepet – cepet keluarin dari kulkas, abis itu tinggal mandi. Selesai rapih – rapih, langsung deh dibentuk si – pastry. Dapet 6 croissant yang diisi pake keju sama coklat, trus pinggir – pinggirnya dibikin ky cistik gitu, ditabur gula pasir aja.

Berangkat kantor rada molor dikit, karena penasaran sama hasil si pastry. Itu oven ditongkrongin terus, sambil sekali - sekali disenter biar liat ngembang atau enggak. Pas liat yang stick udah kering, langsung keluarin dan diangkat yang sticknya. Satu yang rada kecil, setelah udah gak panas banget, langsung masuk mulut...dan hem...enak. Renyah, dan gak hambar. Ada rasa manis dari gula pasirnya. Satu lagi di potong, dan diliat apakah ada layernya....dan ada. Senangnya. Akhirnya si pastry bisa juga di taklukin. Thanks buat KBB yang udah bikin tantangan ini. Emang KBB, top lah, bikin orang males kaya aku buat coba-coba resep jadi merasa tertantang.

Comments

  1. naaaaaaaaaaah gitu dooooooooonnnggg hihihihi... sip dweh sing penting sudah ngerasain bikin puff pastry sendiri. patut bangga looooooooohhh tantangan ini termasuk sulit. akhirnya lulus juga kan? hihihihi

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:07 PM

    Layernya keliatan banget tuh Bun, suksesss...:-)

    ReplyDelete
  3. Anonymous3:28 PM

    Wah pastrynya biki ngiler.... sukses ya dengan tantangannya!

    ReplyDelete
  4. lulus koq... lulus karena berani :D :D

    pantang muduuuurrr....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku