Kesehatan itu tanggung jawab siapa?

Semenjak RCTI, salah satu TV swasta di Indonesia, menayangkan polemik soal puyer, banyak sekali tanggapan yang mencuat di masyarakat. Sedikit banyak, hal ini membuka mata para orang tua. Banyak yang pro dan gak kalah banyak kontra.

Em, bagi aku sendiri, HARUS TELITI.

Dulu, pernah waktu kakak masih bayi 6 atau 7 bulan, karena desakan orang tua, melihat kakak yang batuk-batuk, terpaksa ke dokter. Dan...tau obat yang dikasih sama sang dokter, obat untuk anak diatas 2 tahun !!!!! Aku rasa, dokternya gak mungkin gak bisa baca larangan obat itu kan. Anak 6 Bulan dikasih obat buat anak diatas 2 Tahun. Dokterkan juga manusia ya, jadi, amat sangat mungkin salah. Nah, tinggal tugas kita deh, sebagai pasien, sebagai orangtua, untuk bisa berdiskusi sama dokter....kalo kata MILIST Sehat, ber-tanggo dengan sang dokter.

Temans, yuk kita coba teliti sebelum membeli. Apalagi buat anak-anak kita. Kalo barang elektronik, kita bisa minta garansi ke toko...., kalo kesehatan ????? Kalo dari satu obat yang jelas, kita bisa tau...oh, akibat si obat ini yang kandungannya ini toh bikin saya ada reaksi ini. Trus, kalo itu dari puyer..., yang notabenya gak pernah ada detail kandungan obatnya, gimana kita mau tau kalo ada reaksi dari puyer tersebut. Reaksi timbul karena zat apa, karena obat yang mana, akan lebih susah dideteksinya.

Pernah tau gak pembuatan puyer di apotik gimana?
Cara penumbukannya, cara membaginya...wah bikin merinding ngeliat di liputan RCTI itu. Bayangkan, mortal dan alat menghaluskan puyer keliatan banget gak pernah dicuci, masih ada tempelan obat-obat yang sebelumnya abis di gerus. Duh, aku aja kalo bikin kue, abis ngocok 1 adonan, gak langsung pake lagi tuh baskom dan wisk-nya. Dicuci dulu, biar hasil kuenya tetep OK. Kalo mortal dan penumbuknya gak pernah dicuci buat bikin puyer... gimana ya hasil obatnya ? Apa bisa sama khasiatnya dengan yang sebelumnya. Pikiran aku yang awam nih, walau sedikit, pasti puyer yang buat kita ada kena sedikit obat-obat sebelumnya, yang belum tentu dibutuhin sama sakitnya kita ya.

Pernah gak kita tau dampak dari obat. Biasanya kalo obat kan ada "PERHATIAN"... pernah gak kita baca teliti apa yang menjadi "PERHATIAN" itu. Coba deh buat yang punya akses internet, maen-maen ke medicastore..., liat kandungan obat dan reaksi dari obat itu. Yuk kita lebih teliti lagi buat kesehatan.

Pernah gak kita ngebayangin, kenapa di obat itu ada BPOM. Pasti dong buat memastikan cara pembuatan dengan benar. Yakin gak kalo obat yang digerus itu dan dijadiin satu, akan homogen? Gak ada interaksi antar obat yang digerus ? Adakah BPOM diobat puyer tersebut? Aku yakin banget, buat bikin obat itu prosesnya panjang dan ada penelitiannya...., trus apakah dengan digerus itu dah pasti sesuai dengan penelitan sang penemu? Yuk teliti lagi....

Akupun korban puyer dulu. Kalo inget-inget dulu....tiap mau minum puyer pake acara ngambek dulu sama orang tua. Kebayang rasanya yang pait. Diakali deh sama orang tua, sang puyer dikasih gula.... dan sang anak (aku) terus nambahin gulanya biar rasa pait dari puyernya ilang. Nah, kalo gini, kan malah jadi masalah baru ya..., si anak mencari rasa manis..., yang seharusnya dikurangi semenjak kecil. Biar ginjalnya gak berat ya, trus biar gak kena Diabetes juga nantinya.

Bener banget kalo ada yang berpendapat, ya percaya aja dong sama dokternya..., diakan udah belajar lama. Lebih tau dari kita. Bener, kan dia buat jadi dokter juga butuh waktu sekian tahun....Tapi, gak ada salahnya kan kita juga coba terus belajar. Pernah dengerkan "belajarlah seakan kau akan hidup seribu tahun lagi". Jadi, gali informasi, pengetahuan buat kita belajar soal kesehatan anak juga. Gak ada ruginya kok kita belajar...malah menurut aku, kita untung karena bisa nambah pengetahuan.

Aku selalu melihat, selain guru, dokter adalah profesi paling mulia. Ditangan dokter, ALLAH memberikan jalan agar orang sakit bisa sembuh. Tapi, kenapa ya, belakangan ini sering sekali ada istilah MAL PRAKTEK. Setelah berusaha belajar..., kenapa ya kok treatment dokter berbeda dengan yang lagi coba dipelajari. Contoh simple aja... ktnya batuk, pilek itu gak perlu ada obat, krn penyakit itu bisa sembuh dari daya tahan tubuh..., tapi kalo kita bawa anak ke dokter... hayo itung, dapet berapa macem obat. Ini kejadian sama adek-ku yang skr lagi di Melbourne. Menurut dia, dalam kondisi flu berat dia ke dokter disana,... dan obat apa yang dia dapet... GAK ADA. Dia malah disuruh pulang..., istirahat & jaga asupan makan dan minum. Sedangkan kejadian yang baru aja ponakanku alamin. Akibat orang tuanya yang panikan...anaknya harus opname dirumah sakit tanpa diagnosa yang jelas. Si anak yang baru berusia 15 bulan harus diinfus, ambil darah berkali-kali.... padahal kondisinya masih lincah, minum susu kuat, makan juga masih mau walaupun lebih sedikit dari biasanya. Dan hal ini bikin si anak trauma, kalo denger ke rumah sakit. Salah siapa?.... Orang tua yang gak mau belajar, Dokter yang arogan....gak mau diajak diskusi. Awal hanya dibilang ada infeksi, tapi belum ketauan apa. DB bukan, tapi karena panasnya turun naik...rawat aja. Ditanya ke ibu-nya, berapa lama panas, dijawab 3 hari...dokter dengan arogan bilang...gak mungkin baru 3 hari,...ini pasti lebih dari itu. Jeger.... halo pak dokter...yang punya anak siapa? yang tinggal dengan anaknya siapa? yang observasi selama ini siapa? Apa pak dokter punya ilmu nujum...., nyalahin observasi orang tua. Sebelum pulang setelah 5 hari dirawat, dokter bilang ternyata hanya DIARE biasa...., yang sekali lagi kalo kita belajar, obatnya hanya menjaga asupan Cairan biar si anak gak dehidrasi. Duh... yuk teliti, teliti lagi buat kesehatan anak kita.

Buat yang punya asuransi kesehatan, mungkin gak akan terlalu bermasalah sama kwitansi yang keluar dari dokter. Tapi, kebayang gak...karena kita gak ada masalah dengan bayar dokter, maka kita gak ngecek lagi apa yang dikasih dokter anak kita. Apakah bener, obat itu diperlukan karena sakit kita. Kita gak peduli lagi diagnosa dari dokter. Kita gak mau teliti lagi tanya dampak obat, dan kenapa dikasih obat itu. Kita gak berusaha tanya detail soal penyakit kita. Bedakan kalo kita mau beli barang elektronik..., pasti tanya detail. Yuk...teliti.

Aku juga mau sharing tulisan seorang dokter yang menurut aku mulia sekali. Dia mau mengakui kesalahannya dimasa lampau, dan terus belajar biar tidak mengulangi kesalahannya lagi... Dr Ian, pamit sharing emailnya ya, semoga lebih banyak dokter yang mau mengakui kesalahannya, sehingga anak-anak INDONESIA khususnya dan masyarakat INDONESIA pada umumnya bisa merasakan INDONESIA SEHAT. Biaya kesehatan yang murah, bukan beralasan pada obat...tapi treatment yang diberikan kepada pasien benar-benar sesuai dengan guideline dan EBM yang ada. Kami tidak takut lagi untuk pergi ke dokter karena takut MAL PRAKTEK, karena para dokter memegang guideline dan EBM yang ada. Para Dokter...ditangan-mu lah kesehatan bangsa-mu berada. Seringlah update ilmu kesehatan, dan jangan lah arogan, marah karena pasien yang minta diskusi penyakitnya. Masa iya..., kita gak bisa percaya sama dokter INDONESIA, sampe harus pergi keluar negeri untuk berobat.....

From: najwa safina
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, February 17, 2009 3:49 PM
Subject: [sehat] Mengapa Puyer?

Ketika saya lulus menjadi seorang dokter, terus terang saya bagaikan orangbuta yang baru pernah melihat merasa senang kegirangan karena status dokteryang saya sandang, tetapi masih meraba raba juga karena belum tahu apa yangharus saya lakukan.Menangani pasien pertama kalinya (sebagai seorang dokter tentunya) merupakansuatu kebanggaan tersendiri. Pasien datang, mendengarkan keluhannya,memeriksa, dan memberikan obat.Puas? Tentu saja puas rasanya. Pasien puas, karena keluhan berkurang bahkanmenghilang. Dan bulan berikutnya pasien ada keluhan mereka kembali kepadasaya karena merasa cocok dengan obat yang saya berikan.Sebagai catatan ketika saya bilang pasien, termasuk orang tua pasien untukpasien saya yang tergolong anak anak. Anggap saja saya sedang membicarakanpasien anak anak.Tapi apakah saya sudah menangani pasien tersebut dengan baik? Tentu sajaTIDAK jawabannya.Mengurangi keluhan pasien bukan berarti menyembuhkan, bahkan tanpa disadaribisa membahayakan pasien.Ada satu titik balik dimana saya menyadari terdapat kesalahan dalampenanganan pasien saya selama ini, dan di kemudian hari saya bertemu dengankomunitas yang membuat saya semakin belajar dan belajar setiap harinya.Sebelumnya puyer menjadi andalan saya, pasien (orang tua pasien) puas, waktuyang dibutuhkan untuk menangani pasien jauh lebih singkat. Cukup berkata: ohini batuk pilek, obatnya cukup minum, 3 hari tidak sembuh balik kembali.Rutinitas yang saya lakukan selama sekitar 6 bulan pertama saya menjadidokter.Sampai suatu saat saya menemukan suatu kejadian yang begitu menampar saya.Datanglah seorang pasien berumur 5 bulan, datang dengan keluhan mencretmencret. Seperti biasa, meresepkan puyer sepertinya sudah ada cetakantersendiri di otak saya. Lalu saya berikan resep puyer yang kurang lebihfungsinya menghentikan kerja usus, sehingga keluhan mencret mencretberkurang.Apa yang terjadi. Apakah puyer yang saya berikan menjadi solusi atas kasuspasien saya? Ternyata tidak. Pasien saya tidak mencret lagi, tetapi jatuh kedalam kondisi dehidrasi sedang. Karena apa? Sudah merasa yakin dengan puyeryang saya berikan, sehingga lupa dengan tata laksana diare akut yangseharusnya, pemberian larutan rehidrasi oral.Sejak saat itu saya menyesal, bukan hanya menyesali perbuatan saya yangmelupakan guideline, tetapi penyesalan itu dilanjutkan dengan penyesalandengan entah berapa resep puyer yang saya berikan.Terkadang saya merasa, Tuhan sangat baik terhadap saya. Masih menuntun saya,meskipun dengan tamparan, ke jalan yang seharusnya.Ketika saya masih merasa tidak ada yang salah dengan puyer, tapi dikomunitas itu memperdebatkan penggunaan puyer. Lalu saya bertanya pada dirisaya sendiri. Saya yang salah atau mereka yang menentang puyer yang tidakmengerti.Lalu pertanyaan pertanyaan yang mengalir di komunitas itu membuat saya lebihmembuka mata saya, memanfaatkan teknologi canggih untuk memperbaharuikeilmuan saya. Dan ternyata sebenarnya itu bukan ilmu baru, hanya saja sayayang terlalu malas dan bodoh untuk mengamalkan pelajaran saya yangsemestinya.Mengapa saya harus memberikan puyer? Saya tidak hidup di daerah yangterpencil. Dimana akses untuk obat obatan dosis anak mungkin sulit sekali.Dan kalaupun membutuhkan obat hanya satu jenis saja, tapi rasanyaparasetamol sirup bisa diusahakan, hanya kalau terdesak baru menggunakanparasetamol tablet yang dihancurkan (note hanya parasetamol tablet)Ya... saya telah bermain main dengan 3 hal. Puyer, polifarmasi, danpengobatan yang tidak rasional.Lalu kemanakah ilmu farmakologi saya. Menguapkah seiring dengan kenaikantingkat saya. Lupakah saya bahwa setiap obat dikemas sedemikan rupa sesuaidengan cara penggunaannya. Lupakah saya dengan interaksi obat. Dua obat yangdicampur saja risiko interaksi obat cukup berat, apalagi tiga atau empatmacam obat. Mungkin saya tidak lupa dengan interaksi obat, tetapi saya tidakpaham betul dengan interaksi obat.Lalu dimana ilmu klinis saya. Apa iya setiap pasien dengan keluhannya, yangditerapi adalah keluhannya bukan diagnosis atau penyakit itu sendiri.Apa iya saya harus memberikan puyer hanya karena pasien saya (orang tuapasien) merasa hanya puyer yang manjur untuk keluhan anaknya.Apa iya saya harus memberikan puyer hanya untuk mempersingkat waktukunjungan dibanding saya harus menjelaskan panjang lebar mengenai diagnosispenyakitnya.Apa iya demi semua kenyamanan orang tua, maka anak kecil harus menerimarisiko yang ditimbulkan oleh puyer.Apa iya memberikan puyer supaya harga obat yang harus ditebus bisa lebihmurah? Lalu bagaimana dengan risiko penyakit yang ditimbulkan dari puyer,apa bisa tergantikan dengan harga obat yang murah.Saya tidak bisa membayangkan ketika parasetamol berinteraksi dengan diazepamatau berinteraksi dengan luminal, akan menghasilkan metabolit yang justrumembahayakan hati anak tersebut yang nota bene belum berfungsi dengan baik.Baru parasetamol saja, belum obat obatan yang lainnya.Saya belajar dan belajar lagi. Sekali lagi Tuhan sayang sekali kepada saya.Masih diberikannya kesempatan saya untuk memperbaiki diri saya.Mengapa harus puyer? Jikalau keluhan yang disebabkan oleh virus sembuhsendiri dan tidak membutuhkan terapi apapun. Mengapa harus puyer, jikaparasetamol sangat terjangkau dan dapat didapatkan di puskesmas dengangratis. Kalaupun tidak ada dosis yang sesuai, mengapa tidak sertakanpemberian pipet atau spuit tanpa jarum untuk membantu pemberian obat. Atauparasetamol tablet pediatrik pun bisa digunakan.Apa tidak tahu bahwa anak batuk tidak boleh diberi obat batuk?Apa tidak tahu bahwa diare tidak boleh diberi obat batuk?Apa tidak tahu bahwa muntah tidak boleh diberi obat batuk?Lalu apa gunanya diagnosis? Terapi sesuai dengan diagnosis bukan "a pill foran ill". Obat obatan simtomatik yang terkandung di puyer, tidakmenyelesaikan permasalahan, justru menimbun penyakit diam diam, efeknyatidak hari ini tapi di masa depan.Mengapa harus puyer, jikalau saya yang tidak paham mengenai farmakodinamisdan farmakokinetik obat ini tidak berpikir secara higinis. Bersihkah mortartempat membuat puyer, dapat menjamin tidak tercampur dengan bahan bahan lainatau tidak?Mengapa harus puyer, jikalau saya yang harus menguasai keluhan umum, harusmembabi buta dengan memberikan puyer pada setiap keluhan pasien tetapi tidakmengindahkan kaidah "good manufacturing practice", dan apakah saya bisamenjamin bahwa campuran itu homogen dan pembagian dosisnya sudah sesuaiditiap-tiap bungkus puyer itu.Apa saya bisa menjamin semuanya. Menjamin bebas dari interaksi obat,menjamin kebersihannya, menjamin bahwa obat itu fungsinya tidak berubahketika bentuknya tidak sesuai dengan yang seharusnya?Apa disekitar saya begitu terbatasnya sehingga saya tidak bisa memberikanobat yang berbentuk sirup?Apa saya tidak bisa meyakinkan kepada pasien bahwa, yang diterapi adalahpenyakit/diagnosis bukan keluhannya?Apakah dektsrometorfan, luminal, efedrin, diazepam, kodein, ambroksol,bromheksin, papaverin, teofilin, antibiotik, dan beberapa jenis obat lainnyayang sering diresepkan pada puyer anak sebegitu mendesaknya untuk diberikankepada anak sehingga melupakan kaidah pengobatan yang seharusnya?Apakah itu menjadi nilai ekonomis?Jika puyer membantu, maka mengapa tidak ada standar dalam pembuatan puyer?Apakah setiap dokter sama seperti rumah makan memiliki resep tersendiridalam pemberian obatnya? Lalu apa bedanya ilmu yang dipelajari? Apa gunanyaGuideline, apa gunanya text book?Sampai saat ini saya tetap berkata tidak kepada puyer untuk menghindari diridari kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan sebelumnya, Karena menjadidokter adalah amanah yang cukup berat. Memegang janji antara saya denganTuhan saya Allah SWT. Jika saya tidak menggunakan puyer semata mata sayatakut dengan sang Khalik. Takut tidak menjalankan amanah dengan sebaikbaiknya.-- najwa's lovely aunty: ordinary doctor ordinary person ordinary dreamer[Non-text portions of this message have been removed]
__._,_.___
Messages in this topic (1) Reply (via web post) Start a new topic
Messages Database Polls Calendar
==========================================================================" Mailing list SEHAT didukung oleh Hewlett-Packard StorageWorks Division. SEHAT Internet Access & Website didukung oleh CBN Net.Terima kasih & penghargaan sedalam-dalamnya kepada : XEROX, Bhumiyamca, Arutmin, HBTLaw dan Ibu Marissa Muliadi yg telah dan konsisten mensponsori program kami, PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak Untuk Orang Tua)."Kunjungi kami di :http://www.sehatgroup.web.id/

Comments

  1. Anonymous8:41 AM

    terus terang, aku lebih percaya pada pengobatan alamiah, dengan memperhatikan asupan gizi dan jenis makanan yang segar (coba lihat di tulisan Arfi: http://tulisanarfi.blogspot.com/2009/02/muscle-testing-salah-satu-cara-menuju.html). bukannya kami mendiskreditkan dokter, tapi kami lebih nyaman berobat alternatif, tentu saja ke orang2 yang profesional, seperti naturopath, ga tau di Indonesia ada apa ga. dari keluhan2ku terdahulu, pelan2 menghilang, karena aku mematuhi asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhku. kalau orang sakit itu kan karena ga mendengarkan apa kata tubuhnya, ya kalo haus minum, kalo lapar makan, tapi minum dan makannya itu apa? minum yang bagaimana yang sehat dan DIPERLUKAN oleh tubuh, begitu juga sama makanan. aku sudah mengalaminya sendiri, dan perlahan2 sehat, so... I'll go to naturopath, not doctors.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku