KBB # 10 Caramel Pots with Minted Shortbread Stick

Surcin KBB 10 ini dateng disaat bener – bener gak diharapkan. Melihat kerjaan kantor yang semakin numpuk setelah banyaknya komplain pelanggan dan dikejar dengan produk baru yang harus segera launching, asisten baru yang gak nyadar kalo lagi hamil waktu dateng, yang nyebabin harus ngungsi lagi kerumah mama di buaran. Tapi, walaupun gak diharapin,... tetep aja inbox si KBB ini dipelototin terus, kapan si SurCin dateng
Pas baca SurCin...duh... dessert apa lagi nih. Kalo caramel, seneng sih… apalagi kalo dibikin puding caramel…., tapi ini ada shortbreadnya. Hem…kayanya ribet nih bikinnya. Dilihat dari kerjaan kantor yang numpuk, gak asisten, ngungsi ke rumah nenek, mantan pacar yang tiba-tiba di mutasi ke daerah kerjanya, … kepingin rasanya bikin email permohonan ijin dari tantangan kali ini, karena bener-bener gak kebayang kapan bisa ngerjainnya.

Setelah 3 minggu ngungsi ke rumah mama yang gak punya oven, jadi gak mungkin bikin tantangan, dan setelah pulang kerumah malah sakit. Bahan – bahan yang udah disiapin malah gak tau kapan bisa di kerjain.

Akhirnya, tetep memaksakan diri buat bikin tantangan kali ini, walaupun harus dibikin last minute banget . Dan bener-bener gak nyesel maksain diri bikin. Shortbread-nya enak. Empuk, manisnya pas. Caramel Post-nya juga, ada rasa pait sedikit khas karamel…, manisnya pas.

Bikinnya pulang kantor, dan ternyata gak sesulit yang dibayangkan…malah cenderung mudah. Yang pertama dibuat adalah si-shortbreadnya. Adonannya ditangan aku terlalu lembek…, akhirnya ditambahkan tepung sampai didapat adonan yang bisa dibentuk. Kalo diresep dibilang bentuknya 2 x 8, tapi aku bikinnya gak diukur, kira-kira aja. Selesai bentuk, langsung masuk oven. Sambil nunggu matangnya si-shortbread ini, langsung timbang-timbang buat bikin karamelnya. Deg-degan juga nunggu si gula menjadi caramel, takut gosong banget. Pas cari-cari whisker gak ketemu, akhirnya pake suntil kayu aja deh…Hem… bener-bener gak nyesel deh maksain diri buat bikin… pas dicobain shortbreadnya di colekin ke caramelnya….enak….Tantangan KBB emang TOP Lah…

Ini resepnya…
CARAMEL POTS WITH MINTED SHORTBREAD STICK

Minted Shortbread Sticks
100g icing sugar
200g tepung terigu
100g maizena
250g mentega tawar, lunakkan (di suhu ruangan)
1 batang vanili, ambil bijinya dan sisihkan
1 batang daun mint, cincang (halus)

Panaskan oven suhu 150C. Alasi loyang dengan baking paper.
Campur icing sugar, semua tepung, mentega, biji vanili dan mint di dalam mangkuk dan aduk rata. Gilas sekitar setebal 1cm. Potong-potong dengan ukuran 2 x 8cm (like fingers). Letakkan ke atas loyang yang sudah dialasi baking paper dan panggang selama 20-25 menit, hingga sedikit kecoklatan (musti diingat, shortbread pada umumnya berwarna pucat). Biarkan dingin dan simpan di dalam wadah kedap udara hingga diperlukan. Untuk 30 potong.

Caramel Pots
125g caster sugar
2 sdM air
125ml susu
250ml krim3 kuning telur

Kocok dengan whisker gula ke dalam air di atas panci. Hati-hati saat memanaskannya (pakai api kecil saja) dan masak hingga berwarna coklat karamel. Campur susu dan krim di sebuah panci yang lain dan hangatkan, jangan sampai mendidih. Kocok dengan whisker susu ke dalam karamel. Biarkan dingin sejenak.
Kocok kuning telur hingga mengental. Tuangi sedikit demi sedikit dengan karamel panas tadi, aduk rata (pake whisker ngaduknya).
Tuang ke dalam 4 buah ramekin. Panggang di dalam water bath dengan suhu 160C selama 30 menit atau hingga set. Angkat, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas untuk didingkan lebih lanjut. Untuk 4 porsi.






Comments

  1. tuuuuh kan emang ga sulit. kalo ngebayangin sih tar sok tar sok aja, tapi kalo dah nyemplung, jadi deh basah aja semua hehehe... apaan sih? sukses ya Nggi!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku