Long Weekend 22-25 Desember 2006

Udah 2 hari ini internet jadi lelet banget, karena link internasionalnya keganggu gempa yang ada di taiwan, Padahal dah banyak juga yang mo diceritain selama long weekend kemaren. Sebenernya bunda liburnya dari sabtu - senin (23-25 des 2006). tapi karena bunda sama ayah harus ngurus syarat-syarat buat si rumah idamain, jadilah hari jumat 22 desember yang tepatan sama Hari Ibu, bunda sama ayah cuti. Eh, ini hari ibu pertama bunda dapet ucapan selamet dari Ayah sama Kakak. Duh, seneng deh...pinginnya bunda sih, sekalian bunda bisa leha2 aja dirumah. Apa2 bisa diurus sama ayah, tapi kynya emang gak bisa ya. Sekarang bunda mau cerita nih.

Jumat, 22 Desember 2006
Pas bangun pagi ini, seneng banget karena bunda sama ayah gak harus keburu-buru siap2 buat berangkat kantor. Kaya yang bunda cerita diatas, bunda sama ayah cuti. Tapi tetep, rencana buat jumat ini dah diatur, pagi mesti ngurus keperluan KPR si rumah idaman. Pagi - pagi, abis bikin sarapan nasi goreng buat ayah, langsung ngeburu - buru ayah buat nyelesaiin saparannya, dan mandi. Jam 10an, kita berangkat ke developer rumah idaman, buat nyerahin syarat - syarat KPR di bank. Semua usaha untuk rumah idaman ini udah kita lakukan yang emang bener - bener yang terbaik. Termasuk usaha ayah sama bunda buat melakukan penghematan disegalanya. Ayah sama bunda berusaha selalu bawa makan siang, sehingga jatah pengeluaran itu bisa bisa sedikit banyak berkurang. Eh, gak disangka loh, Izza juga udah bisa bantu ayah sama bunda buat pengurangan biaya ini. Sebenernya udah lumayan lama IZZA susunya full beralih ke UHT, bukan formula lagi. Dan, ini berarti pengeluaran buat susu IZZA berkurang drastis. Trus, IZZA juga udah gak betah banget buat pake diapers, dan emang siang ataupun malam kalo si kakak mau pipis atau pupup, pasti ngomong. Dan berarti jatah pengeluaran diapers pun jadi gak ada lagi. Duh, bidadari bunda ini emang pinter ya, dah bisa bantu - bantu penghematan keuangan ayah sama bunda.. Makasih ya sayang. Trus, abis dari developer, kita pergi liat pembangunan rumah idaman itu udah sampe mana. Wah, ternyata si rumah idaman udah 80%. Kemaren kayanya tinggal pasang langit-langit, trus finishing deh. Trus kita pulang dulu, karena ayah harus solat jumat. Abis solat jumat, kita makan siang ke Warung Gabus. Warung gabus ini warung makan betawi, menu utamanya sop daging sama pecak gabus. Karena kita berdua senengnya sama sop daging, jadi cuma itu yang kita pilih. Kuah Sopnya bening, dan rasanya seger deh. Izza juga ikutan makan sop ini. Abis makan, kita beli susu dan perlengkapan dapur yang udah habis. Pas bunda bayar di kasir, ayah ajak izza main di playground yang ada di supermarket itu. Wah, si kakak seneng main-main. Tapi yang dimainin kakak cuma satu. Mobil - mobilan. Setelah kakak puas, kita pulang deh. Pas diperjalanan, bunda bilang ke ayah mo' sewa film dulu, secara ini long weekend, jadi bisa disempetin buat nonton DVD di rumah.

Sabtu, 23 Desember 2006
Kemaren Ummi Titi telp, ngajak belanja ke PIM, kata dia, ini kan menjelang Natal, biasanya banyak sale, kebetulan dia mau nyari sepatu. Bunda sih ok aja, cewek mana sih yang gak suka kalo diajak jalan, walaupun bunda gak tau mau beli apa. Yang kepikir itu cuma beli kado buat ponakan dari keluarga yang ultah besok. Kalo buat bunda atau ayah sendiri, kayanya kita emang gak mo beli apa - apa, tapi kalo sekedar liat - liat sih OK aja lah. Kita berangkat sehabis makan siang. Dari jatiasih, Ayah, Bunda, Ayang, Izza, Arra sama Fildza. Trus, di PIM ketemuan sama Ummi Titi, Uzan sama Bu Asri. Wah, bener - bener rame. Apalagi 3 kurcaci itu gak bisa diem banget. Izza asik juga liat - liat kanan kiri. Tapi bener loh, bunda kali ini gak meleset dari tujuan awal kita jalan ke mall ini. Bunda bener-bener gak tergiur buat beli-beli, bahkan buat izza juga gak beli apa-apa, kecuali kita makan di wendys. Yang kebeli bener-bener yang udah diniatin banget. Cari kado buat ponakan ayah, Desto, karena besok kita mau arisan ditempat dia, dan tepatan banget sama ulang tahunnya dia. Abis dari PIM kita ke rumah nenek dulu. Maklumlah, nenek sama kakek kangen sama cucunya. Pokoknya kalo kita gak muncul di Buaran dalam seminggu, wah, nenek sama kakek dan ribut deh. Apalagi Bang Uzan, Kalo emang udah ada libur, pagi-pagi pasti nelpon ke rumah nenek, nanyain Izza. Kita gak lama sih di rumah nenek, soalnya kita mau ke rumah Jatibening dulu. Abis maghrib, kita buru-buru pamit, biar gak kemaleman ke rumah Jatibening. Eh, ditenggah jalan, kakak udah bobo, akhirnya ayah bilang kita langsung pulang aja, kasian Izza, takut kecapean, soalnya besok dah harus pergi lagi dari pagi. Wah, bunda seneng juga sih dengernya, soalnya bunda sendiri dah tepar banget. Bawaannya pingin bobo...ngantuk banget.

Minggu, 24 Desember 2006
Hari ini, kita ada arisan dari keluarga ayah. Arisannya tepatan sama ulang tahunnya Desto. Karena kemaren kita gak jadi ke Jatibening, makanya berangkat ke arisannya kita pagi-pagi, biar kita bisa main dulu di Jatibening. Izza tuh dah di kangenin sama Tyas dan Tika. Wah, anak bunda tuh banyak banget yang nganenin ya. Semua sepupu bunda yang masih kecil-kecil itu selalu nanyain Izza , ponakan dari pihak ayah juga gitu. Kita berangkat dari rumah jam 1/2 10 an, dan nyampe di Jatibening jam 10an. Untuk Arisan sekarang, bunda bikin puding caramel, itu juga bunda beli puding yang instan karena bunda dah cape banget, dan bingung mo bikin apa. Kalo beli lagi kok ya sayang gitu, jadi walaupun cape, tapi tetep deh bunda belain buat bikin. Apalagi denger komentar ayah , wah, seneng deh dengernya, padahal bunda kan cuma bikin dari puding instan, kl pake resep sendiri bunda masih males.Yang instan ini kan tinggal tambah susu aja, sama bikin karamelnya deh. Balik waktu Izza main di Jatibening, wah dia seneng banget. Tapi ada kejadian lucu, Izza itu itu gak bisa dipaksa. Kalo kata bunda dia dah memperlihatkan ke-ego-annya. Mungkin karena semua saudara itu tertuju ke dia. Jadi merasa selalu menang. Kejadiannya, waktu itu Tyas maksa Izza buat main sesuai keinginan Tyas, tapi Izza gak mau, malah cuek main yang dia mau, eh, akhirnya Tyas nangis. Abis liat Tyas nanggis, baru deh Izza mau maen sama Tyas, tapi tetep kendalinya dipegang sama Izza. Duh, kasian deh sama Tyas, secara Tyas itu posisinya sekarang ditenggah. Kalo Mbak Tika mau maen apa, Tyas mau gak mau ikut kemauan Mbak Tika, eh giliran sama yang kecil, sama Izza, Tyas juga gak bisa maksa, soalnya Izzanya lebih maksa lagi. Trus, Jam 1/2 1 an kita berangkat arisan. Tempatnya Mas Desto gak jauh sih dari Jatibening, makanya jam 1an kita dah nyampe. Waduh, kalo arisan dari pihak ayah ini, pasti berlimpah makanan. Waktu itu aja ada Empek-empek, Bakso, Jajanan Pasar, Nasi Kuning Lengkap, apa lagi ya, bunda lupa. Dan enaknya, pas pulang kita pada dibungkusin. Lumayan, buat tambahan lauk dirumah. Jam 5an, kita pulang, 1/2 6 dah nyampe di Jatibening lagi. Tadinya kita mau rada maleman di Jatibening, eh ternyata gak lama ditelp, kalo nenek sama kakek ada dirumah. Ya udah deh, kita langsung pulang.

Senin, 25 Desember 2006

Hari ini bunda sama ayah masih libur juga, karena bertepatan sama NATAL. Sebelum cerita soal hari ini, bunda mau posting dulu email yang bunda dapet dari salah satu millist.


Seputar fatwa MUI ttg NATAL BERSAMA ... SELAMAT NATAL

*Untuk temen-temen non muslim, smoga ini bisa menjelaskan tentang sikap kamiyang muslim yang engga mengucapkan selamat hari raya natal. email ini sayadapet dari teman saya yang merupakan temen saudara Usman (seorang dosen diMaine university - kalo gak salah - berkebangsaan Indonesia, beragamaislam). *

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera,


Anda merayakan kelahiran Jesus sebagai Juru Selamat, bukan Jesus sebagainabi, utusan Allah. Di sinilah salah satu perbedaan mendasar antara Islamdan Kristen.
Islam melihat Jesus sebagai seorang utusan Allah, manusia biasa [bukan anak Tuhan], yang dibekali banyak mukjizat untuk mendukungkerasulannya.
Merayakan natal bersama sebagaimana difahami oleh ajaran Kristen, berartisebuah pengakuan bahwa Jesus adalah sang Juru Selamat. Bagi orang Islam,tindakan ini adalah perbuatan syirik [for sang Juru Selamat di dalam Islamis Tuhan yang Esa -tidak beranak dan tidak diperanakkan, yang dalam bahasaArab disebut Allah].Ketika Anda [Nasrani] mengucapkan selamat idul Fitri, tak ada konsekuensitheologis bagi Anda. Tak mengubah pengakuan Anda bahwa Jesus adalah sangJuru Selamat. Ketika muslim mengucapkan selamat natal dalam konteks yangdifahami ummat Nasrani, muslim itu telah mengakui bahwa Jesus is sang JuruSelamat.Kalimat yang konsekuensinya sepadan dengan ucapan selamat natal itu adalahucapan dua kalimat syahadah: "Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah,danaku bersaksi bahwa nabi Muhammad itu utusan Allah."Nah, beranikah Anda sekalian mengucapkan dua kalimah syahadah itu, yg olehkarenanya Anda tidak lagi mengakui bhw Jesus is the Savior? yg olehkarenanya juga Anda telah menjadi muslim?Mohon alinea di atas itu Anda renungkan baik-baik.Dengan apa yang sudah saya uraikan di atas, saya stand firmly behind fatwaMUI tentang natalan ini.Kepada mereka yang sempat menulis, "kalau saja MUI mengeluarkan fatwa agarummat Islam tak berhubungan dengan ummat lain", saya minta baca lagi fatwaMUI.Di fatwa itu juga dianjurkan agar ummat Islam tetap menjalin hubungan dengannon-muslim [dlm urusan yg tak terkait dengan akidah].FYI, MUI juga tak akan mengeluarkan fatwa spt yang Anda 'andaikan' itu, krnal Qur'an sendiri mengajarkan agar ummat Islam menjalin hubungan denganummat lain dalam soal kemasyarakatan [hal-hal yang tak terkait denganakiqah]. Seandainya MUI mengeluarkan fatwa spt yang Anda 'andaikan', makamuslim spt saya ini pertama kali akan menentang fatwa itu.Kepada mereka yang menulis, MUI menteror minoritas dengan fatwanya, sayasarankan untuk bisa menempatkan persoalan pada proporsi yang sebenarnya.MUI sebagai kumpulan ulama punya kewajiban mengingatkan ummat Islam, dalambentuk petuah-petuah [fatwa]. Ketika pelaksanaan ajaran agama [Islam]dicampur-adukkan dng kepercayaan agama lain, maka tugas ulama lah memberikanteguran kepada muslim.Seandainya MUI mengeluarkan fatwa melarang ummat Kristen u/ merayakan natal,itu yang disebut teror. Dan, saya sebagai muslim akan menentang fatwa sptitu. Tak seorang pun di dunia ini yang boleh menghalangi ummat lainmelaksanakan ajaran agamanya.Sebaiknya, rekan-rekan Kristen juga bisa memahami apa arti perayaaannatalbersama ini secara theologis. Sudah pernah saya sampaikan, takmemberiucapan selamat natal atau tak ikut perayaan natal bersama, bukan berartiteman muslim Anda memusuhi Anda. Selain itu, masih banyak aktivitas lainyangdapat dikerjakan bersama-sama tanpa harus mengorbankan akiqah masing-masing.

(diambil dari millist halal baik enak)


Pas libur natal ini, ayah dah wanti-wanti ke bunda, kalo ayah mau dirumah aja hari ini. Kata ayah dia cape' banget, 3 hari libur belum bisa istirahat maksimal. Bunda bilang sih waktu itu OK aja. Tapi, kenyataannya, Bunda pergi juga keluar rumah. Emang sih, bunda perginya gak sama Ayah, tapi sama kakek, nenek sama Tan-Sil. Jadi gini, nenek itu mau bikin usaha "Rumah Makan", nah rencananya hari ini, bunda sama Tan-Sil, nemenin nenek cari-cari peralatannya. Setelah diomongin sama ayah, oke lah bunda pergi, ayah nunggu dirumah, tapi nanti sore, ayah jemput bunda ke Buaran. Ayah Ok, sekalian juga sore nanti Tika, Tyas sama Umi Ari, mo mudik ketempat Uti, karena mereka libur sekolah. Setelah OK, bunda baru pergi. Tapi ternyata, karena ini hari natal, jadi tempat yang dituju itu tokonya tutup. Alhasil, bunda malah dapet sepatu 2 biji. Eh,...ini emang udah direncanain beli sepatu loh, bukan pembelian yang gak direncanain, tapi....karena selama ini belum ketemu harga dan model yang pas di bunda, makanya bunda belum beli-beli. Kemaren baru bunda nemu yang pas dua-duanya, ya harga , ya model. Pastinya bunda seneng banget kan. Karena di tempat pertama, tokonya tutup, akhirnya kita coba tempat lain.., ada sih, tapi si nenek kayanya gak sreg, kata nenek, nanti kebanting antara tempat sama peralatan makannya. Ya udah, akhirnya kita ke Jatinegara juga deh . Lumayan bayak juga yang dibeli sama nenek. Bunda juga ikutan beli panggangan, sama kuali yang ukuran kecil. Dari jatinegara, bunda mampir dulu di grosiran maenan anak di pasar prumpung, mau beliin kakak "magic board", itu loh papan tulis yang bisa dihapus . Bunda liat di tempat lain, harganya mahal-mahal, padahal kakak juga belum bisa ngejaga mainannya kan. Di pasar grosir mainan ini, bunda gak cuma beli si "magic board" doang, tapi beli juga mainan setrikaan sama puzzle 2 biji. Dan hebatnya, total harga semua mainan itu masih dibawah "magic board" yang di MAL. Seneng lagi kan bunda, bisa beliin banyak maenan buat kakak, tapi harga murah.

Dan yang jelas, long weekend ini bunda tetep aja gak bisa istirahat...., tapi bunda seneng kok. Satu lagi, untuk tanggal 22 -24nya, bunda itu pergi bener-bener gak bawa si asisten. Jadi, ya cuma bertiga, ayah, bunda sama izza. Seneng deh, bisa ngabisin waktu ber3 aja. Si asisten ya tinggal dirumah aja.

Comments

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku