"Apa sih tujuan lo kerja ?"

Iya, apa sih tujan kita kerja, khususnya buat wanita ya, spesifik lagi buat bunda.
Hehehehehehe, sering banget loh itu muncul di kepala bunda.
Apa iya hanya karena faktor ekonomi, untuk pemenuhan biaya hidup ?
Bisa di jawab, ada benarnya juga dan mungkin untuk sekarang, ya itu yang utama.
Selain itu untuk apa lagi ya?
Ada yang pernah bilang kalo wanita bekerja itu, biar wanita tidak tergantung sama suami. Misalnya terjadi apa-apa sama suami, istrinya gak kebingungan untuk kelangsungan ekonomi keluarga. Wah, kalo itu berarti ujungnya ekonomi lagi ya.
Ada juga yang bilang, biar ilmu yang udah dipelajarin di bangku kuliah, gak percuma. Ilmunya bisa berguna. Ehm, itu kalo yang dapet kerja sesuai dengan kuliah yang diambil ya. Kalo di sini, kan jarang dan susah banget kita dapet kerja sesuai dengan apa yang kita pelajari. Lebih sering melesetnya, dan kadang melesetnya itu bisa jauh banget. Tapi kalo bagi bunda, dimana pun dan apapun yang kita kerjakan, itu semua ada ilmunya. Mungkin ilmu yang dipelajari di bangku kuliah gak kepake, tapi bukan berarti dikerjaan yang kita dapet itu gak ada ilmunya kan? Anggap aja kita dapet ilmu baru.
Ada lagi yang bilang sebagai AKTUALISASI DIRI. Waduh, bahasanya berat juga ya. Sebenernya, apasih arti AKTUALISASI DIRI ? Bunda gak ngerti sih arti sebenernya apa. Kalo bunda bilang sih kalau kita kerja ya kita kerja sebenernya kerja dan kita puas dengan kerjaan kita itu. Hasil kerja kita itu bisa bermanfaat buat perusahaan dan diri sendiri sebagai ilmu baru buat kita. Hasil kerja kita bisa dihargai dan dinilai dengan sebaiknya, karena kita juga ngerjain itu dengan sebaik yang kita bisa. Bukan kerja yang sekedar mendapat gaji, tapi kita juga merasa memang gaji yang kita dapat itu adalah pantas kita dapatkan dari hasil pikiran kita.

Ehm...sekarang bunda harus berfikir...sekarang kerja bagi bunda artinya sebagai apa ya? Apa udah mencapai tingkat AKTUALISASI DIRI? atau baru sampe FAKTOR EKONOMI? Kalo baru karena faktor ekonomi, trus...kapan bunda bisa mencapai AKTUALISASI DIRI?

Comments

Popular posts from this blog

PUISI ANAKKU by Ratih Sang

Mencari Sekolah Bidadariku

Anakku bukan anakku